Komputer merupakan salah satu kebutuhan
mutlak bagi kehidupan di masa ini dimana komputer sendiri memiliki sistem
dan arsitekturyang cukup rumit dan kompleks.
Komputer, Alat yang sudah sangat sulit dipisahkan bagi
kehidupan mahasiswa. Komputer merupakan teknologi penunjang yang dapat membantu
mahasiswa menyelesaikan tugas-tugasnya. Bukan hanya mahasiswa, orang yang
memiliki usaha menengah ke atas dan pekerja kantor pun sangat memerlukan benda
ini. Selain untuk mengerjakan tugas, applikasi dalam komputer seperti game,
musik, dan vidio sangat membantu mahasiswa membangun mood yang baik. Komputer
sudah menjadi kebutuhan dasar untuk para mahasiswa di era globalisasi ini.
Karena menigkatnya minat masyarakat menggunakan
komputer dalam kehidupannya, maka muncul pula berbagai trobosan-trobosan baru
dalam bidang teknologi komputer. Jika kita tapaki dari sejarah komputer hingga
sekarang, maka kita merasa begitu pesat kemajuan teknologi ini. Jelas sekali,
dengan hal ini maka ilmu-ilmu lain dan ilmu tentang tegnologi itu sendiri akan
ikut berkembang. Mulai dari abaccus(300M),harvard mark 1’37,ENIAC’42(sistem
binari digit 8bit),Kit Altair 8800, melewati berbagai generasi, pentium
1, pentium 2, pentium 3, laptop, netbook dan sekarang ini mulai bermunculan
iphon, tablet dan sebagainya.
·
Fungsi Komputer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana
seperti terlihat pada gambar 1.3. Pada prinsipnya
terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
·
Fungsi
Operasi Pengolahan Data
·
Fungsi
Operasi Penyimpanan Data
·
Fungsi
Operasi Pemindahan Data
·
Fungsi
Operasi Kontrol
Sepertinya penting untuk kita mengetahui apa saja yang
mendukung kemajuan teknologi ini sampai sekarang. Bagaimana upaya agar
teknologi-teknologi baru ini tetap diminati masyarakat dan teknologi ini lebih
nyaman bagi masyarakat. Hal ini tidak lepas dari arsitektur komputer itu
sendiri.
Arsitektur Komputer adalah
sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sintem komputer. Tujuan seorang arsitek
komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya
yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer”
memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang
perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram.
Arsitektur komputer mengacu pada
rancangan internal dari rangkaian komputer. Termasuk di dalamnya jumlah dan
tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi. Arsitektur komputer sangat
tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri. Kecepatan pemrosesan diukur dari
jumlah instruksi yang dapat diproses oleh computer setiap detiknya, biasanya
dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk mempermudah pengenalan
kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka frekuensi, misalnya 233
MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di pasaran dikeluarkan
Intel adalah 3,2 GHz. Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer
sehingga bisa digunakan untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama
bisa mengakses dengan lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang
besar. Hal tersebut berkaitan dengan adanya virtual memory pada media
penyimpanan yang biasanya digunakan untuk pengaksesan suatu program (swap).
Pada jaman modern saat ini,
hampir semua komputer mengadopsi arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann
(1903-1957).
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Pada dasarnya komputer arsitektur Von
Neumann adalah terdiri dari elemen sebagai berikut:
Terdapat 4 komponen utama yang saling
berhubungan satu sama lain, yaitu:
- Central Processing Unit (CPU): Bertugas untuk melakukan kontrol dari setiap operasi yang berjalan pada komputer, terkadang secara mudah CPU dapat dikatakan sebagai processor.
- Main memory: Penyimpanan data.
- I/O: Merupakan penghubung komponen komputer dengan lingkungan seperti keyboard, mouse yang digunakan oleh pengguna.
- System interconnection: Mekanisme yang memberikan layanan untuk berkomunikasi antara CPU, Main memory dan I/O. Contoh system interconnection adalah system bus.
Input (Masukan) Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke
dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem
komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer,
sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data
yang dimasukkan.
Di bawah ini merupakan contoh input sederhana yang
paling sering di gunakan user :
1. KEYBOARD
keyboard merupakan salah satu bagian dari suatu computer yang paling penting yang berfungsi memasukkan data yang akan di proses.
Secara umum tombol-tombol keyboard di bagi menjadi :
1) Type Writer key
2) Numeri Key
3) Special Funcion Key
4) Funcion Key
2. MOUSE
Mouse merupakan salah satu bagiab dari komputer yang berfungsi sebagai cursor, petunjuk, menggambar dan menjalankan perintah pada setiap program. alat ini dinamakan mouse karena berbentuk tikus dan mempunyai kecepatan seperti tikus.
TOUCH PAD
Perangkat ini berbentuk flat yang digunakan dengan
cara menyentuh dengan jari tangan ke bagian touch pad tersebut. touch pad juga
berfungsi sebagai mouse jari pada laptop atau notebook.
Penyimpanan Sekunder
ü Pita Magnetik : Reel Tape dan
Tape Cartridge
ü Hard Disk : Removable dan Non
removable
ü Floppy Disk
ü Piringan Optik : CD, DVD
ü USB Flash Disk
ü Smart Card
ü Kartu memori
Bentuk
Penyimpanan Sekunder :
1. RAM (Random
Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile)
karena data akan hilang jika listrik padam.
2. ROM (Read
Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena
data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
3. Cache Memory,
merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM
biasa dalam proses data.
Output (Keluaran) Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke
monitor), ataupun berupa suara.
Dibagi menjadi dua, yaitu :
·
Softcopy, terdiri dari dua jenis :
· Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Hardcopy, terdiri dari :
·
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong,
Format Lebar
·
Computer Output Microfilm (COM)
- Evolusi Arsitektur
Di antara
demikian banyak pemahaman tentang arsitektur, arsitektur dikenal juga sebagai
suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu wajah arsitektur selalu
mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan dan pengembangan
arsitektur tidak hanya berupa keadaan eksternal, tetapi juga keadaan internal.
Dsini kita membahas mengenai evolusi arsitektur pada komputer. Arsitektur dari
komputer sendiri merupakan suatu susuan tau rancangan dari komputer tersebut
sehingga membentuk suatukesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri
berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi
sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan. Evolusi pada
komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu
sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakaukan perintah yang sulit
sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang sederhana saja.
Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan
kemampuannya.
- Klasifikasi Arsitektur
Pada komputer
terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya
memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi
arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin
Von Neumann :
1. Mempunyai
subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah
I/Osistem
2. Merupakan
stored-program computer
3. Menjalankan
instruksi secara berurutan
4. Mempunyai
jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun
1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah
program yang dapat dijalankan
3. Struktur
memori
Menurut Flyyn
ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction
Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang
mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2. SIMD (Single Instruction
Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit
kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu
Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple Instruction
Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses
berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang
tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD
(Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut
multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
- Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas
arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau
tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal
apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak
dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi
inilah yang disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu
:
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa
cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk
penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer
yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi
programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur
tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu,
kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan
generalitas.
5. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan
yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat
mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang
untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori
maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer
memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas
dalarn anggota rumpun.
- Faktor Keberhasilan
Faktor
keberhasilan merupakan sesuatu yang membuat dapat terlaksananya suatu hal yang
dilakukan. Dalam komputer faktor keberhasilan merupakan sesuatu yang ada pada
komputer dimana hal itu membuat komputer dapat melaksanakan tugasnya atau yang
diperintahkan pengguna dengan baik.
Ada empat
ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat
arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
Arsitektur
ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Maleability
Bila
arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka akan lebih baik.
3. Expandibility
Lebih besar daya kembang arsitektur
dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka
akan lebih baik.
4. Comptible
- Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur
dasar, yaitu:
1.
Unit masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau
instruksi yang dilakukan kepada komputer oleh pengguna
1.
Unit kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi
untuk mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
2.
Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /
ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau
perhitungan
3.
Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan komputer
Unit
keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu
inputan yang telah dimasukkan
0 komentar:
Posting Komentar